header marita’s palace

Proses Manajemen Strategis untuk Menentukan Visi dan Misi Perusahaan

proses manajemen strategis

Dalam proses manajemen strategis yang bisa digunakan oleh perusahaan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan menentukan visi dan misinya terlebih dahulu, mengumpulkan informasi, merancang strategi, implementasi, dan terakhir adalah evaluasi. 

6 Langkah Proses Manajemen Strategis dalam Penentuan Visi Misi Perusahaan

Proses yang penting dipunyai dan juga menjadi arah kompas yang digunakan adalah dengan menentukan visi dan misi yang jelas untuk perusahaan. Sohib kongkow perlu membuat visi dan misi yang jelas dengan tahapan yang bisa diikuti adalah berikut ini:

1. Mengidentifikasi Tujuan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang dapat diperhatikan untuk mempunyai visi dan misi yang jelas adalah dengan menentukan tujuan perusahaan yang dipunyai. Tetapkan terlebih dahulu mengenai visi dan misi baik jangka pendek dan jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan. Hal yang membedakannya tentu jangka waktu yang digunakan sebagai barometer untuk menentukan misi dan visi yang dipunyai oleh perusahaan.

Dimana untuk misi jangka pendeknya bisa berupa keuntungan yang perlu didapatkan, sedangkan jangka panjangnya ingin melebarkan sayap dan perusahaan yang ingin terus berkembang. Tetapkan visi dan misi dengan tepat sesuai dengan jangka waktunya untuk bisa mendapatkan arah bagi perusahaan kedepannya.

2. Menentukan Siapa yang Terlibat dalam Perusahaan

Langkah selanjutnya untuk menentukan visi dan misi yang dipunyai perusahaan adalah dengan menentukan mengenai siapa saja yang akan dilibatkan dalam mencapai tujuan yang dipunyai oleh perusahaan. Contohnya adalah perusahaan yang besar bisa menggabungkan dengan banyak pihak, karena untuk tercapainya visi dan misi yang dipunyai tentunya perlu untuk melibatkan banyak orang.

Dengan banyak pihak yang terlibat juga akan banyak ide yang tersedia dan bisa dipilih, sehingga membuat tujuan perusahaan yang diinginkan akan bisa didapatkan dengan cepat dan sesuai dengan banyak orang. 

Akan tetapi perlu diketahui bahwa semakin banyak ide yang tersedia maka membuat waktu pembuatannya juga cepat karena banyak ide yang perlu dipertimbangkan. Sehingga untuk bisa membuat penentuan visi dan misi menjadi lebih cepat dapat untuk melibatkan tidak banyak orang, tetapi orang yang berkompetensi di perusahaan.

3. Mengidentifikasi Tujuan Perusahaan

Dalam proses manajemen strategis menentukan visi dan misi perusahaan juga perlu untuk mengidentifikasi mengenai tujuan yang dipunyai oleh perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang berbeda ingin diraih walaupun tentunya ingin mendapatkan keuntungan untuk perusahaan.

Tetapkan tujuan perusahaan yang bisa disesuaikan dengan nilai yang dipunyai perusahaan. Usul dan ide juga bisa diterima kemudian didiskusikan terlebih dahulu, sehingga bisa untuk menjadi kalimat visi yang bisa digunakan untuk perusahaan. Isi dari visi perusahaan perlu mencakup tujuan yang meliputi banyak ide yang sesuai dengan nilai yang dipunyai oleh perusahaan.

4. Membuat Cara Mendapatkan Tujuan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan membuat proses yang perlu dilakukan sehingga membuat tujuan yang dipunyai perusahaan dapat tercapai. Apabila sudah menentukan visi dan misi yang dipunyai perusahaan, maka berikan poin mengenai hal yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan tujuan tersebut.

Agar bisa memberikan arahan yang tepat untuk hal yang perlu dilakukan, maka tentunya perlu membuat tujuan yang realistis untuk perusahaan. Jangan lupa juga menggunakan tujuan jangka panjang dan pendek, sehingga bisa mengetahui tujuan perusahaan dengan lebih jelas kedepannya. Penjabaran mengenai tujuan tersebut akan membantu untuk mempunyai arah yang ingin diraih perusahaan dengan lebih jelas.

5. Menentukan Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Tujuan

Proses manajemen strategis terakhir di dalam penyusunan visi dan misi yang dipunyai oleh perusahaan adalah dengan mengajak pihak yang terlibat untuk membuat perencanaan yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa sangat penting untuk menentukan rencana ke depan yang dijabarkan berupa poin-poin yang mudah untuk dipahami dan juga dilakukan. 

Tujuan yang realistis, juga akan membuat rencana hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan tidak akan membebani. Buat poin-poin tersebut yang mudah untuk mengetahui langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh perusahaan.

6. Membuat Kalimat yang Jelas dan Bagus

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat membuat visi dan misi sebagai tujuan perusahaan yang dipunyai adalah dengan membuatnya dengan jelas. Dari banyaknya ide yang dipunyai, temen kongkow perlu untuk meningkatkannya dengan bahasa yang bisa dimengerti dengan baik tetapi poin yang dipunyai tidak hilang. 

Hal tersebut perlu dilakukan dengan menuliskan tujuan tersebut dengan kalimat yang jelas, tidak ambigu, dan juga padat sehingga bisa menjadi patokan untuk kerja dan arah yang ingin diraih perusahaan.

Setelah mendapatkan visi dan misi yang jelas, proses manajemen strategis selanjutnya adalah perlu untuk melakukan analisis informasi, pembuatan strategis, pengimplementasian strategis, dan evaluasi dari strategis pengelolaan perusahaan tersebut. 

Pelajari mengenai cara menentukan tujuan dan langkah manajemen strategis selanjutnya di Prasmul-ELI. Sohib kongkow bisa menghubungi Prasmul-ELI sekarang juga untuk mengikuti program manajemen strategis yang berguna untuk menjalankan bisnis dengan baik di nomor +62 811 1991 1168.***

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com