header marita’s palace

Tak Hanya untuk Bayi, Tahukah Kamu 7 Manfaat Minyak Telon untuk Orang Dewasa?

manfaat minyak telon untuk orang dewasa

Kalau dengar kata minyak telon, apa sih yang terlintas dalam pikiranmu, pals? Minyak buat bayi nggak sih? Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada juga lo manfaat minyak telon untuk orang dewasa!

Meski lebih sering digunakan oleh bayi, minyak telon sah-sah aja dipakai oleh orang dewasa. Di rumahku, minyak telon justru lebih sering ditemukan dibandingkan minyak kayu putih.

Soalnya, anak-anakku meski udah nggak ada yang bayi lagi, lebih nyaman sama hangatnya si minyak telon dibanding minyak kayu putih. Apalagi si anak bungsu, diolesin minyak kayu putih dikit aja udah klonjotan. “Panas… panas…,” katanya.

Minyak Telon vs Minyak Kayu Putih

Sebenarnya bahan dasar minyak telon juga dari minyak putih sih, pals. Namun kandungannya tentu saja tidak sebesar minyak kayu putih murni. Alhasil, kadar hangatnya pun jauh berbeda.

Kalau ditanya soal minyak telon vs minyak kayu putih, tentunya masing-masing punya selera ya. Karena pasti tiap tubuh punya standar hangat berbeda.

minyak telon vs minyak kayu putih

Buat yang suka hangatnya tipis-tipis aja, minyak telon tentu lebih cocok. Namun yang suka hangat lebih menyala, minyak kayu putih bisa jadi pilihan.

Karena hangatnya yang cenderung lebih ringan, that’s why minyak telon lebih banyak dipakai oleh bayi dan anak-anak. Lalu apakah ada manfaat minyak telon untuk orang dewasa? Pastinya tetap ada dong… check these out!

Kenali 7 Manfaat Minyak Telon untuk Orang Dewasa

Secara manfaat sih nggak jauh berbeda ya dari minyak kayu putih, tapi untuk yang kulitnya sensitif, minyak telon memang lebih direkomendasikan. Secara garis besar, berikut ini 7 manfaat minyak telon untuk orang dewasa:

manfaat minyak telon

1. Meringankan Nyeri Otot dan Sendi

Dua kandungan utama minyak telon adalah minyak kayu putih dan minyak adas yang dikenal ampuh untuk membantu meredakan pegal-pegal atau nyeri sendi setelah aktivitas fisik.

Nah, karena aku harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk PP rumah - kantor, bagian pundak, pinggang dan pergelangan tangan sering banget tuh pegel-pegel.

Dengan mengoleskan minyak telon ke area yang pegel tersebut, aku bisa mengatasi pegel-pegel dengan lebih cepat, sehingga bisa kembali beraktivitas.

2. Membantu Menghangatkan Tubuh

Sejak menjalani operasi sesar yang pertama, aku seringkali mengalami hipotermia dadakan. Nggak ada angin, nggak ada hujan, ujug-ujug badanku menggigil.

Kalau lagi kumat hipotermianya, minyak telon selalu jadi andalanku untuk menghangatkan badan. Karena kulitku cukup sensitif, bahkan kadang kulit bisa melepuh kalau kena minyak yang terlalu panas, minyak telon jauh lebih efektif dan nyaman buatku.

3. Mengatasi Masalah Perut Kembung

Minyak telon juga punya sifat yang menenangkan, sehingga bisa membantu meredakan perut kembung atau gangguan pencernaan ringan bagi orang dewasa. Dulu, waktu masih sering mengalami asam lambung, minyak telon selalu jadi barang yang aku bawa ke mana-mana.

Begitu perut terasa nggak nyaman, langsung deh aku keluarin minyak telon yang kubawa. Lalu kuoleskan ke area perut, dan tanpa waktu lama, perut pun jadi hangat dan enakan.

4. Menenangkan Pikiran

Berbeda dengan minyak kayu putih murni yang aromanya cenderung menyengat, aroma minyak telon yang khas memiliki efek menenangkan. Apalagi ada beberapa produk minyak telon yang ditambahi kandungan lain, sehingga bisa digunakan sebagai minyak aromaterapi.

Minyak telon dengan varian tersebut, selain hangat, juga wangi, dan bisa membantu relaksasi dan mengurangi stres lo, pals.

5. Mengurangi Gatal Akibat Gigitan Serangga

Seperti yang aku ceritain di bagian sebelumnya, kulitku tuh cukup sensitif. Digigit nyamuk kecil aja bisa meninggalkan bekas. Nah, biasanya aku suka mengoleskan minyak telon sebelum tidur, untuk menangkal gigitan si nyamuk-nyamuk nakal tersebut.

Kalaupun udah terlanjur digigit serangga, olesan minyak telon juga bisa membantu meredakan rasa gatal dan iritasi ringan yang disebabkan oleh serangga.

6. Menjaga Kelembapan Kulit

Buat yang nggak terlalu suka pakai handbody atau body cream, bisa lo pakai telon untuk menjaga kelembapan kulit. Terutama di bagian-bagian yang mudah kering, seperti siku atau tumit. Cuzz deh cobain, pals!

7. Sebagai Pengganti Minyak Angin yang Lebih Lembut

As I told you before, pals… aroma minyak telon itu jauh lebih lembut dibandingkan minyak kayu putih murni ataupun minyak angin kebanyakan. Buat aku yang kurang suka sama aroma minyak angin, minyak telon itu pas banget lah.

Bisa menggantikan fungsi minyak angin, tapi aromanya nggak berkesan tua banget gitu lo, pals. Ada yang samaan nggak sih?

Nah, itulah 7 manfaat minyak telon untuk orang dewasa yang aku tahu, pals. Kalau kamu punya manfaat lain, boleh dong tulis di kolom komentar.

Rekomendasi Minyak Telon Terwangi

Btw, ngomongin soal minyak telon nih, aku mau rekomendasiin sohib kongkow salah satu minyak telon terwangi dan tahan lama. Aku ketemu sama brand ini belum lama sih, pals.

Namun begitu tahu dan nyobain produknya, aku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama, eaaa. Ada beberapa alasan yang bikin aku jatuh cinta sama produk ini:

1. Kemasannya

Minyak telon terwangi ini punya tiga pilihan kemasan. Ada yang bentuknya pump, ada pula yang kaya minyak oles aromatherapy, roll on gitu lo modelnya.

Yang bentuknya pump terdiri dari dua varian ukuran; 100 ml dan 40 ml. Sementara yang bentuknya kaya minyak oles roll on, tersedia dalam ukuran 10 ml.

2. Aromanya

As I said before, minyak telon ini punya karakter khas yaitu aromanya yang super wangi. Selain itu, wanginya nggak yang sebentar doang, pals. Wanginya tuh tahan lama banget.

Udah nggak perlu pakai minyak wangi kayanya deh kalau udah pakai brand yang satu ini, pals.

Hmm, makin penasaran ya? Brand apakah ini?

Eng ing eng… sebut saja dia si mawar, eh bukan… ini adalah Minyak Telon Navila, atau bahasa kerennya Navila Telon Oil.

Navila Telon Oil

Review Navila Telon Oil

Fyi, aku pakai Minyak Telon Navila ini kurang lebih udah dua mingguan, pals. Sejauh ini aku nyaman banget sih pakai minyak telon yang satu ini. Yang paling aku suka dari Telon Navila ini adalah wanginya yang enak banget. Mewah, elegan, dan khas.

Pantes saja kalau brand ini punya tagline “Smells Like A Royal Baby.” Kalau yang pakai emak-emak, jadinya “Smells Like A Royal Woman” ya, pals, hehe.

At least dari tagline-nya aja, aku harap sih kamu udah bisa bayangin gimana wanginya Navila Telon Oil ini. Kerennya lagi nih, bukan cuma satu atau dua, pals.

Minyak telon buatan Sukoharjo, Jawa Tengah ini punya lima varian yang sama-sama kecenya. Masing-masing punya wangi khasnya, pals.

5 Varian Minyak Telon Navila

Kebetulan aku punya nih kelima varian dari Minyak Telon yang baru launching di tahun 2022 ini. Aku bakal ngurutin dari varian yang paling kusuka ya, pals.

Hmm, meski sejujurnya sih aku agak bingung bin galau menentukan mana minyak telon Navila yang paling wangi. Setelah kupertimbangkan masak-masak, dan sempat bongkar pasang, inilah lima varian Minyak Telon Navila yang paling aku favoritin dari segi aroma:

Navila Telon Oil Korean Series

1. Korean Series - Saranghae

Bukan karena aku pecinta drakor ya, pals. Namun jujur kuakui, Minyak Telon Navila yang Korean Series ini wanginya enaaaaak banget. Terutama yang Saranghae ini.

Bahkan anakku yang beranjak remaja aja, suka banget pakai varian ini sebagai pengganti minyak wangi, wkwk. Karena memang sewangi itu, pals.

Wanginya tuh fresh & sweet gitu loh. Bener-bener nggak kaya wangi minyak telon pada umumnya.

2. Korean Series - Arasso

Kalau yang varian Arasso ini ada manis-manisnya juga, tapi kek lebih soft gitu loh. Berasa pakai bedak bayi kalau yang varian ini, pals.

Buat yang masih punya baby, kalau udah pakai yang varian Arasso, better nggak usah dikasih bedak lagi sih. Soalnya wanginya tuh udah baby banget.

minyak telon Navila

 

3. Relaxing Series - Lavender

Nah, buat yang lagi gampang capek, pusing, varian yang Lavender ini cocok deh. Wanginya lembut, tapi punya efek menenangkan.

Kalau lagi insomnia, olesin ini di area tengkuk, beberapa saat kemudian insyaAllah tidur nyenyak deh, pals.

4. Natural Series - Green Tea

Kalau yang varian Green Tea ini ada sentuhan alam-alamnya gitu deh. Ada segernya, ada manisnya. Cocok buat nemenin kita saat lagi jalan-jalan ke pegunungan, terus kedinginan, hehe.

5. Tropical Series - Kasturi

Buat yang suka aroma agak strong, seri Kasturi ini cocok buat kamu, pals. Wanginya segar dan seakan membawa kita lagi di musim panas yang hangat.

Kandungan Minyak Telon Navila

Secara umum, Navila Telon Oil ini terdiri dari bahan-bahan 100% alami, seperti Cajuput Oil (40%), Anise Oil (5%), Coconut Oil (44%), dan Zaitun Oil (5%).

Pada masing-masing varian, ada tambahan kandungan minyak sesuai dengan serinya;

kandungan minyak telon

  • Varian Saranghae mengandung Saranghae Oil sebanyak 6%,
  • Varian Arasso mengandung Arasso Oil sebanyak 6%,
  • Varian Lavender mengandung Lavender Oil sebanyak 6%,
  • Varian Green Tea mengandung Green Tea Oil sebanyak 6%,
  • Varian Kasturi mengandung Kasturi Oil sebanyak 6%.
Dengan semua kandungan yang ada di dalamnya, tak heran jika Navila Telon Oil memiliki semua manfaat minyak telon yang udah aku sebutin di atas, pals. Bahkan masih ada extra manfaatnya nih, pals.

Karena mengandung Zaitun Oil di dalamnya, Minyak Telon Navila ini juga punya manfaat untuk menutrisi kulit, khususnya kulit bayi, pals. Nah, buat para mama muda yang pengen menjaga kelembaban kulit bayinya, pastikan pilih produk minyak telon yang terpercaya ini ya.

Kalau ada yang tanya minyak telon Navila untuk usia berapa, produk ini aman buat bayi mulai dari newborn ya, pals. Kandungannya yang 100% alami dan kadar hangatnya yang pas cocok banget buat baby. Terutama para baby dengan kulit sensitif.

Cara Pakai Minyak Telon Navila

Basically, minyak telon Navila ini kan diperuntukkan bagi bayi ya, pals. Jadi cara pakainya seperti ini nih:
  • Oleskan 5 - 10 tetes Navila Telon Oil pada dada, perut, pinggang, dan telapak kaki bayi.
  • Gunakan setiap hari, khususnya setelah mandi dan saat udara sedang dingin.
Namun buatku yang sudah emak-emak di akhir usia 30an, selain mengoleskan di area tersebut, aku paling suka mengoleskannya di area leher, pals.

Terutama pakai yang ukuran 10ml, dengan model roll on, makin gampang deh diaplikasikannya di bagian leher.

Kalau temen kongkow punya produk Navila yang mode pump, nggak usah khawatir. Botol Navila dipilih dari bahan kualitas, anti penyok, tutupnya pun anti pecah, pals.

Dibandingkan dengan minyak telon pada umumnya yang pakai tutup model flip, tutup botol Navila yang model pump ini jauh lebih aman, mudah digunakan dan anti tumpah pastinya.

Harga Minyak Telon Navila

Penasaran sama harga Minyak Telon Navila? Sini aku bisikin, pals:

  • Untuk ukuran 100ml, bisa dibeli dengan harga Rp80.000,-
  • Untuk ukuran 40ml, bisa dibeli dengan harga Rp20.900,-
  • Untuk ukuran 10ml, bisa dibeli dengan harga Rp83.900,- (mendapat lima varian langsung)
harga Navila Telon Oil

Cukup terjangkau kan?

Kalau harga sudah diketahui, pasti info selanjutnya yang pengen temen kongkow ketahui adalah gimana cara beli Minyak Telon Navila. Iya kan?

Gampang banget, pals. Produk asli Jawa Tengah ini sudah punya official shop di beberapa marketplace berikut:
  • Shopee - Navila Official Shop
  • TikTok Shop - Navila Care
  • Lilla.id - Navila
  • Blibli - Navila Care
  • Lazada - Navila Shop
tempat beli Navila Telon Oil

Cuzz langsung beli aja di salah satu marketplace yang paling sering kamu kunjungi. Ditunggu cerita temen kongkow di kolom komentar kalau udah nyobain produk-produk dari Navila ya.

Begitulah celotehku kali ini tentang manfaat minyak telon untuk orang dewasa. Nggak cuma jembrengin manfaat minyak telon, aku juga langsung kasih sohib kongkow rekomendasi minyak telon terwangi lo.

Semoga aja ceritaku ini bermanfaat buat temen kongkow. Selamat nyobain lima varian dari Navila Telon Oil, dan rasakan manfaat minyak telon untuk orang dewasa, pals! See you on other stories of my life!***

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com