header marita’s palace

Batuk Lama Tak Kunjung Sembuh? Waspadai Bisa Jadi Ciri-Ciri TBC!

ciri-ciri TBC

Data yang didapatkan dari WHO di tahun 2023 menyebutkan bahwa negara Indonesia, menempati urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah penderita TBC terbanyak di dunia. Bahkan memang angka tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga penting untuk mewaspadainya, karena bisa jadi orang di sekitar kamu sudah terserang, bahkan menular, karena penyakit yang satu ini dapat menular dengan mudah. Harus mengenal ciri-ciri TBC sebagai langkah pencegahan.

Apa Itu Penyakit TBC?

Masih banyak orang yang menganggap bahwa TBC ini adalah penyakit batuk biasa, padahal sebenarnya tidak seremeh itu. TBC merupakan sebuah penyakit yang dikenal sebagai Tuberculosis. 

Dimana penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang dikenal dengan nama mycobacterium tuberculosis. Itulah yang membuat penyakit tersebut masuk kedalam kategori penyakit menular, karena infeksinya bisa menular dari satu orang ke orang lain.

Jadi ketika penderita TBC ini batuk dan memercikkan lendir, kemudian lendir tersebut masuk ke tubuh orang yang ada di sekitarnya, maka bisa menyebabkan seseorang ini akan tertular. Sehingga harus waspada jika ada di tengah kerumunan, karena ini jadi tempat yang paling banyak menularkan penyakit TBC, apalagi ketika kamu sedang dalam kondisi imuns yang lemah. Ingat bahwa penyakit yang satu ini sudah pernah mewabah dan menelan banyak korban jiwa.

Ciri-Ciri Penyakit TBC

Agar tidak sampai tertukar atau agar pengobatan bisa dilakukan secara optimal jika seandainya terjangkit, maka kenali terlebih dahulu ciri-ciri TBC berikut ini, yaitu:

1. Peningkatan Suhu Tubuh

Gejala yang pertama adalah berhubungan dengan suhu tubuh yang meningkat secara signifikan, dimana hal ini terjadi selama kurun waktu lebih dari 3 minggu. Meskipun sudah mengonsumsi obat yang dapat menurunkan demam, namun tetap saja suhu tubuh akan terus meningkat, hal ini merupakan sebuah respon dari tubuh ketika melawan adanya infeksi bakteri TBC. Jadi harus segera diperiksakan ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan lab.

2. Keluar Keringat pada Saat Malam Hari

Keringat ini bisa keluar bahkan dalam kondisi cuaca yang dingin sekalipun, meningkatnya suhu tubuh yang terjadi akibat infeksi bakteri ini, nantinya juga akan disertai dengan keluarnya keringat. Namun kebanyakan kondisi keringat ini justru keluar pada saat malam hari. Keringat malam ini sebenarnya adalah mekanisme yang dilakukan tubuh untuk mendinginkan diri dari infeksi atau peradangan yang terjadi.

3. Mudah Merasa Lelah

Kelelahan ini bahkan datang pada saat tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang berat bisa dipicu karena sistem imunitas tubuh yang berusaha dalam melawan adanya infeksi bakteri, ini adalah ciri-ciri TBC. Karena sistem imuns bekerja keras, maka akan membuat tubuh merasa cepat lelah.

4. Warna Kulit Pucat

Warna kulit menjadi tidak segar, yaitu berubah menjadi pucat, dimana memang dipicu oleh kemampuan tubuh dalam memproduksi sel darah merah juga mengalami penurunan.

5. Nafsu Makan Turun

Tidak hanya nafsu makan yang turu, berat badan juga ikut mengalami penurunan. Penderita TBC biasanya juga akan mengalami perubahan pada nafsu makan, yaitu akan ikut terganggu, hingga hal ini juga membuat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, dan berat badan terus turun.

Langkah Pencegahan TBC

Jangan khawatir karena pada dasarnya penyakit menular yang satu ini juga dapat dicegah, berikut ini ada beberapa upaya atau langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Vaksinasi

Saat ini sudah tersedia vaksin yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit TBC, kamu bisa mendapatkannya melalui fasilitas kesehatan terdekat, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Jenis vaksin yang digunakan adalah BCG dan biasanya sudah mulai diberikan pada saat usia anak-anak.

2. Melakukan Medical Check up Secara Rutin

Upaya lainnya yang juga bisa dilakukan untuk mencegah adalah dengan rutin pemeriksaan kesehatan atau medical check up, cara yang satu ini akan membantu untuk mengidentifikasi sedini mungkin jika seandainya ada yang tidak beres di tubuh seseorang atau pada kesehatan.

3. Jagalah Kebersihan

Pada dasarnya TBC ini juga bisa menular karena kurangnya kesadaran akan kebersihan, sehingga penting untuk mengupayakan sebisa mungkin dalam menjaga kebersihan. Khususnya adalah ketika makan, hati-hati dengan apapun yang masuk kedalam mulut. Waspadai juga ketika ada orang batuk atau bersin di sekitarmu.

4. Optimalkan Imunitas Tubuh

Sebisa mungkin optimalkan imun tubuh, jaga agar kondisi imuns atau kekebalan tubuh tetap kuat, karena saat imuns lemak maka lebih mudah untuk terserang penyakit, termasuk juga TBC.

Itulah informasi mengenai ciri-ciri TBC hingga upaya pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak sampai terserang masalah kesehatan berbahaya yang satu ini. Penyakit sudah pasti bisa menyerang, namun mencegah lebih baik daripada mengobati, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikan juga kamu dan keluarga sudah terproteksi dengan asuransi kesehatan Allianz, sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan saat sudah jatuh sakit nanti.***

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com